Pengalaman Membatalkan Tiket Kereta Api. Bisa Online, Tapi…

Setelah virus corona mengjangkit di Indonesia, siapa yang rencana perjalanannya menjadi ambyar? Mari kita bergandengan tangan secara virtual. 

Gelombang pembatalan alias refund tiket belakangan ini meningkat pesat setelah diberlakukannya status tanggap darurat yang berimbas pada banyaknya perjalanan kereta api yang dibatalkan. Untuk tahap sementara, kebanyakan perjalanan dibatalkan sampai tanggal 23 April. Namun tanggal ini belum pasti, mengingat keadaan yang belum menunjukkan tanda-tanda membaik. 

Buat yang sudah refund dan sukses, selamat! Buat yang belum dan bingung, ada beberapa step yang perlu dilakukan. Secara umum sih proses refund di masa sekarang sudah jauh lebih baik dan mudah. Tidak perlu repot-repot antre ke stasiun, bawa fotokopi ktp atau surat kuasa, dan isi formulir. Sekarang cukup online, tinggal nunggu sampai lupa, baru deh uangnya kembali. 

Proses online, tapi… 

  1. Hanya bisa melalui aplikasi KAI Access 

Untuk mengajukan pengembalian bea tiket ada dua cara: daring dan luring. Cara luring, datang ke stasiun dan ikuti prosedur antre. Cara daring, tinggal pakai ponsel. Tapi, ada tapinya. Pembatalan hanya bisa dilakukan melalui aplikasi KAI Access. Jadi, kalau kamu pesan dari Traveloka, Pegi-pegi, Tokopedia, atau bahkan tetanggamu, kamu tetap perlu mengunduh aplikasi KAI Acces. 

Prosedurnya:

PERTAMA. Jika pemesanan tiket melalui channel non-KAI Acces seperti yang saya sebutkan di atas, yang perlu kamu lakukan adalah klik opsi “TAMBAHKAN TIKET” seperti tertera di gambar di bawah ini. 

Klik yang dilingkari oranye

Tiket yang dimaksud adalah booking code alias kode pemesanan. Semisal, saya beli tiket kereta api Argo Bromo Anggrek dari Surabaya ke Jakarta dari Traveloka, kode pemesannya: 2XTVJG. Setelah opsi “TAMBAHKAN TIKET” diklik, masukkan kode pemesanan di sana. 

KEDUA. Setelah tiket berhasil ditambahkan, kamu akan kembali lagi ke halaman utama aplikasi. Klik tombol “PEMBATALAN”. Lokasinya ada di dua tombol sebelah kanan dari tombol “tambahkan tiket”. 

Lalu, klik perjalanan yang tiketnya ingin kamu batalkan. Setelah diklik, akan muncul detail perjalananmu. Scroll terus ke bawah, klik lagi “PEMBATALAN”, seperti tertera di gambar di bawah ini. 

Klik daftar perjalanan yang ingin dibatalkan.
Klik yang diberi kotak warna merah.

Setelah itu, isi data-data yang diperlukan. Isi alamat rekening dengan benar. Setelah semuanya selesai, klik BERIKUTNYA. 

Isi dengan detail nama pemilik rekening, nomor, dan bank. Jangan salah. Kalau salah, duit tidak kembali.

Selesai. 

Uangnya tidak langsung kembali 

Setelah semua proses selesai, yang perlu dilakukan adalah menunggu. Setelah 30 hari, uang pembatalan akan ditrasnfer ke rekening kita. Cuma, sayangnya, setelah melakukan pembatalan beberapa kali, saya tidak menerima email konfirmasi dari PT. KAI. Ini agak berbeda dengan proses refund hotel dari Traveloka, di mana saya menerima email konfirmasi uang pembatalan telah dikirim. 

Jadi, rajin-rajinlah cek mutasi rekening sekitar sebulan setelah pengajuan pembatalan. Jika uangnya tidak kunjung masuk, kamu boleh ajukan komplain ke PT. KAI. 

Ada potongan 25% 

Tiket yang dibatalkan penumpang tidak akan kembali 100 persen. Akan ada potongan 25%. 

Tapi, potongan ini dapat dikecualikan jika pembatalan dilakukan oleh PT. KAI sendiri. Semisal semasa tanggap darurat corona, semua pembatalan tiket biayanya dikembalikan 100%. 

Ketentuan lengkapnya dapat dibaca di sini

Semoga menolong ya! Salam sepur!

7 Comments

  1. bara anggara

    udah refund juga nih, tapi belum balik duitnya, baru sekitar semingguan sih.. tapi yg kembali 100% bener gak ya? soalnya kemaren pas pengajuan di aplikasi tetap ada tulisan dipotong 25%.. semoga aja baliknya full..

    -Traveler Paruh Waktu

    1. aryantowijaya

      Harusnya tetep 100 persen ya mas, mungkin yang di aplikasi belum sempat diganti teksnya.

      Nunggu sebulan lumayan lama, saya seringnya lupa kalau jumlah refundnya gak gede-gede amat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s