7 Destinasi Menarik yang Bisa Kamu Jangkau dengan Kereta Api

Kalau ditanya soal moda transportasi apakah yang paling sering saya gunakan, maka jawaban saya adalah kereta api. Moda transportasi berbasis rel besi ini punya keunggulan yang tidak didapat dari angkutan umum lainnya: lebih nyaman, aman, dan tepat waktu.

Selain itu, faktor lainnya adalah soal harga. Untuk menjangkau kota-kota dengan destinasi wisata menarik, kereta api menyediakan layanan dengan harga yang terjangkau. Ada tiga kelas yang tersedia, mulai dari ekonomi, ekonomi premium, bisnis, dan eksekutif. Proses pemesanan tiket kereta api pun sekarang sangat mudah, kita tinggal membeli tiket kereta online. Atau kalau mau membeli secara offline dengan datang langsung ke stasiun pun tetap bisa.

Dengan banyaknya layanan kereta api yang menghubungkan kota-kota di Jawa, destinasi manakah yang cocok untuk dijadikan target liburan selanjutnya?

1.  Bandung

Bandung, si ibukota provinsi Jawa Barat adalah sebuah kota yang terletak di ketinggian sekitar 700 meter di atas permukaan laut. Kota Bandung berbentuk seperti cekungan yang di sekelilingnya diapit oleh pegunungan. Mengapa berbentuk cekung? Karena pada masa purbakala dahulu, kota Bandung merupakan danau.

Posisi kota yang diapit oleh pegunungan menjadikan nuansa kota Bandung sejuk dan menyenangkan. Kalau kita berkendara ke utara, kita akan mendapati Gunung Tangkubanparahu, hutan pinus, kebun teh, serta sumber air panas alami di Ciater. Kalau kita berpindah ke selatan, kita akan mendapati Gunung Malabar menjulang agung. Di kaki gunungnya terdapat perkebunan teh nan luas dan sejuk, yang memanjakan mata siapapun yang menatapnya. Pun, di daerah Ciwidey terdapat Kawah Putih, sebuah kaldera dari Gunung Patuha yang terkenal karena pemandangannya yang ciamik.

Rancaupas, Bandung Selatan
Pagi di Kebun Teh Rancabali, Ciwidey

2. Jakarta

Sebagai kota metropolitan yang diisi banyak perantau, mungkin ada orang yang berpikir, “Memangnya ada wisata apa di Jakarta?”

Di samping sebagai pusat kegiatan ekonomi dan pemerintahan Indonesia, Jakarta juga memiliki beberapa tempat yang tak kalah menarik untuk disambangi. Di utara teluknya terdapat kawasan Pantai Ancol. Pantai yang menghadap Laut Jawa ini airnya relatif tenang. Selain menikmati pantai, kawasan Ancol juga menyajikan wahana wisata petualangan dan edukasi seperti Dunia Fantasi, Seaworld, Atlantis, dan sebagainya.

Lebih jauh ke utara, terdapat gugusan kepulauan Seribu yang dapat diakses dengan menyeberang menggunakan kapal laut dari pelabuhan Ancol atau Muara Karang.

3. Jogja

Jogja adalah kota wisata yang tiada habisnya. Hampir segala jenis atraksi wisata tersedia di sini: mulai dari wisata belanja di Malioboro, wisata alam di Gunungkidul, wisata sejarah di candi-candi, wisata budaya di Imogiri, dan sederet wisata lainnya.

Jogja berlokasi di tengah pulau Jawa dan dapat diakses dengan kereta api baik dari arah barat maupun timur. Kalau berkereta dari Jakarta, hanya butuh 7-9 jam saja. Sepanjang perjalanan kita akan disuguhi oleh pemandangan alam yang memanjakan mata. Di tahun 2019 atau 2020 nanti, perjalanan menuju Jogja dari Jakarta akan menjadi lebih cepat seiring dengan rampungnya proyek pengerjaan jalur ganda kereta api dari Purwokerto hingga Kutoarjo.

Laut selatan di Yogyakarta
Kebun Bunga Matahari di Kulonprogo

4. Malang

Kota Malang dan Kota Wisata Batu merupakan dua kota bertetangga yang memiliki banyak objek wisata menarik seperti Jatim Park 1-3, Batu Night Spektakuler, objek wisata Selecta, pemandian air panas Cangar, Masjid Tiban, hingga Kampung warna-warni Jodipan.

Selain objek wisata di kota, sebenarnya Malang juga memiliki beberapa objek wisata di luar kota yang menarik seperti Pantai Balekambang, pantai 3 warna, Pantai Goa Cina, hingga Pantai Batu bengkung.

5. Bogor

Lokasi Bogor yang tidak jauh dari Jakarta membuat kota ini sering kali dikunjungi oleh masyarakat Jakarta maupun masyarakat Jawa Barat pada umumnya. Penyebabnya tidak lain adalah karena kota ini memiliki banyak tempat wisata dan pemandangan alam yang indah.

Tempat-tempat menarik di Bogor yang sering dikunjungi oleh wisatawan antara lain: Taman Safari, Istana Bogor, Bogor Botanical Garden, Jungle Adventure Theme Park, Taman Wisata Matahari, hingga wisata di puncak. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang mencari tiket kereta online tujuan Bogor untuk menikmati keindahan alamnya.

Kebun Raya Bogor

6. Banyuwangi

Selain Malang, Banyuwangi adalah destinasi wisata yang bisa dijangkau dengan mudah menggunakan kereta api di Jawa Timur. Tidak kalah dari Pulau Bali ke Banyuwangi juga memiliki banyak wisata pantai yang indah dan cantik seperti: pantai Plengkung, Pantai Pulau Merah, Pantai Wedi Ireng, Pantai Teluk Ijo, hingga Pantai Penyu Sukamade yang berlokasi di Balai Taman Nasional Meru Betiri, Sarongan, Pesanggaran.

Pantai Greenbay, Teluk Hijau, di Taman Nasional Meru Betiri

7. Solo

Solo merupakan destinasi wisata budaya selain Jogja yang juga ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Solo yang dikenal sebagai salah satu kota penghasil batik menawarkan banyak tempat-tempat menarik seperti:

  • Keraton Surakarta Hadiningrat
  • Taman Sriwedari
  • Agrowisata sondokoro
  • Kampung batik Kauman
  • Museum batik Danar Hadi
  • Ngarsopuro night market
  • Taman Balekambang, dll

Tempat beli tiket kereta yang murah

Jika tertarik menggunakan kereta untuk mendatangi kota-kota yang menawarkan banyak tempat wisata menarik di atas, saya sarankan kamu untuk membeli tiket di toko online saja. Salah satu toko online yang menawarkan tiket kereta dengan harga cukup murah adalah Bukalapak.

Selain murah, Bukalapak juga sering menawarkan diskon maupun cash back yang bisa dimanfaatkan untuk berhemat saat berwisata. Jika ingin mendapatkan voucher diskon, jangan lupa kunjungi bukalapak.com/promo untuk melihat ketersediaan kupon dan info serta tawaran menarik lainnya seperti tiket kereta online ini.

11 respons untuk ‘7 Destinasi Menarik yang Bisa Kamu Jangkau dengan Kereta Api

  1. Wuih lagi ada promo juga ya di sana. Mantap.

    Naik kereta juga jadi cara traveling andalan saya, dibandingin naik pesawat atau mobil. Bisa jalan-jalan kalau bosen. Hehe.. O iya, mau nambahin, ada 2 kelas lain di KAI sekarang: prioritas dan sleeper.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s