Saat Semuanya Jadi Lebih Mudah dengan Sistem Online

Sewaktu pulang ke Bandung sebulan lalu dan melewati jalanan di depan rumah, memori saya tertuju ke masa-masa ketika saya masih duduk di bangku SD. Waktu itu, kendati internet sudah muncul dan mulai banyak warnet bertebaran, tapi hanya sedikit orang yang paham dan mengakses dunia online ini. Mau telepon, masih pakai telepon kabel. Mau pergi ke pasar, naik becak atau nyetop angkot di pinggir jalan. Mau bayar tagihan listrik dan lainnya, harus datang ke kantor langsung atau setidaknya ke bank.

Ngomong-ngomong soal bayar listrik, saya ingat betul kalau dulu sering diajak Mama menemaninya bayar listrik. Saya selalu sebal. Pasalnya, bayar listrik ini memakan waktu lama. Sedari pagi, Mama sudah mengajak saya pergi ke kantor PLN yang untuk menuju ke sana harus naik angkot selama setengah jam. Lalu, sesampainya di sana masih harus antre. Menanti giliran satu per satu. Membosankan sekali. Belum lagi kalau nama yang dipanggil kelewatan, antrenya bisa tambah lama.

Namun, puji syukur karena seiring dengan zaman yang berubah, teknologi pun berkembang. Semenjak era digital merambah kehidupan, banyak perusahaan pun memfasilitasi pelanggannya dengan sistem online, yang artinya para pelanggan diberi kemudahan. Jika dulu saya selalu mengomel kalau diajak Mama antre bayar listrik, sekarang aktivitas bayar listrik itu jadi sangat mudah. Tak lagi perlu antre. Perusahaan Listrik Negara (PLN) sekarang pun sudah menyediakan layanan online sehingga baik Mama saya maupun para pelanggan yang lain sudah tidak perlu repot-repot lagi datang ke kantor cabang dan antre untuk membayar listrik.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk melakukan pembayaran, mulai dari lewat ATM, loket pembayaran di channel-channel yang bekerjasama, atau bisa juga melalui website Traveloka. Kalau kita sudah mendownload aplikasi Traveloka di ponsel, tinggal klik menu PLN Electricity dan memasukkan ID pelanggan sesuai dnegan pilihan. Kalau ingin membayar melalui website Traveloka, begitu tiba di halaman muka langsung saja pilih menu bill payment di bagian kanan atas.

Selain urusan bayar-membayar tagihan, untuk kebutuhan pelanggan lainnya, kita cukup membuka website resmi PLN dan langsung saja pilih-pilih menu yang ada. Layanan PLN Online sekarang sudah mencakup hampir semua layanan utama, mulai dari layanan instalasi listri baru, perubahan daya, pengajuan keluhan, informasi gangguan listrik, dan juga informasi lengkap tentang pelayanan yang dimiliki oleh PLN. Dan, satu lagi adalah kita bisa mengecek biaya tagihan listrik hanya dengan memasukkan ID pelanggan dan password saja.

Baca juga : Apa Nikmatnya Seharian Bekerja Hanya di Depan Komputer?

Selain lewat website, PLN juga sudah memiliki aplikasi PLN Mobile yang bisa diunduh gratis buat pengguna iPhone maupun Android Phone. Dengan adanya aplikasi PLN Mobile , layanan pelanggan seperti contact center 123, website, dan media sosia PLN disinergikan menjadi satu. Hanya dengan sentuhan jari kita bisa mendapatkan layanan yang kita butuhkan.

Dan, yang juga penting adalah dengan aplikasi ini kita bisa tahu informasi tentang pemadaman listrik di daerah kita. Tentunya pemadaman yang disebabkan karena pemeliharaan prasarana dan sarana ya, bukan padam karena kejadian tak terduga seperti bencana alam dan sebagainya. Tapi, jangan khawatir karena aplikasi ini bukan sekadar aplikasi yang gini-gini aja, PLN terus berinovasi dan meningkatkan aplikasi ini supaya bisa terus memenuhi kebutuhan pelanggan.

 

Jika dibandingkan dengan zaman dulu, proses ini sangat mudah dan benar-benar membuat pelanggan jadi nyaman.

 

 

6 respons untuk ‘Saat Semuanya Jadi Lebih Mudah dengan Sistem Online

  1. Asik ya semuanya serba online seperti ini.
    Memudahkan konsumen dalam bertransaksi.
    Jadinya kalo mau bayar tagihan listrik sudah gak perlu repot2 lagi bayar di PLN
    Kayaknya sekarang hampir semua perusahaan mulai berlomba2 membangun sistem transaksi online milik mereka 😀

  2. Zaman now emang zaman online ya, belanja, beli makan, pesen kendaraan, beli pulsa, dll bisa lewat online, rasanya tinggal duduk sambil pegang gadget… klik pesan langsung diantar kerumah, serasa jadi raja aja hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s